Analisis Desain Repsol Honda Dari Masa Ke Masa 9 Desember 2014
Posted by peysblog in Design, PADAAW.Tags: Daftar Tim Repsol Sepanjang Masa, Desain Repsol, Honda Repsol, Motor Honda Di MotoGP, Perbedaan Desain Honda Repsol, Perubahan Desain Motor Honda, Perubahan Desain Repsol
trackback
Sampurasun…
PEY – Tak dipungkiri lagi, kontaminasi striping/decal Repsol pada motor Honda jelas mempengaruhi daya jualnya. Motor yang diklaim sebagai motor kuenceng andalan di setiap lini memiliki livery tersebut. Sebut saja CBR untuk kelas sport fairing, CBSF untuk kelas naked dan Blade untuk bebek… Bahkan menurut bocoran kemungkinan besar CS-1 dan Vario 150 pun akan demikian.. Kita lihat nanti.
Mari kita sedikit flashback ke livery Repsol dari awal mula kemunculannya beserta penjelasan beberapa ubahan yang terjadi pada NSR maupun RCV Tim MotoGP ini
NSR 1995 Mike Doohan, bermesin 2Tak dengan kapasitas 500cc. Warna kolaborasi yakni biru orange putih. Beda dengan edisi repsol saat ini
NSR 1996 Mike Doohan, bentuk masih sama persis, namun lubang udara pada undercrowl terlihat lebih besar.
NSR 1997 Mike Doohan, Sama persis dengan edisi sebelumnya. Hanya penambahan sticker pada bagian knalpot
NSR 1998 Mike Doohan, perubahan terlihat pada bagian spatbord kolong yang lebih pendek serta knalpot yang kini juga lebih pendek, selain itu sticker promotor GAS terlihat sudah menempel menggantikan Benetton.
NSR 1999 Mike Doohan. Jelas terlihat perbedaannya, di sinilah tanki berwarna orange dimulai. Dengan garis putih mengikuti alur repsol dari bagian fairing.
NSR 2000 Lex Crivill. Pada edisi 2000, pernah Repsol YPF sebagai sponsor utamanya. Dan meski memiliki no.1 namun NSR ini ditunggangi Lex Crivill.
NSR 2001 Lex Crivill, Masih sama persis dengan edisi tahun sebelumnya hanya emblem Honda kini disematkan di atas merk motor.
RCV 2002 Valentino Rossi, di tahun inilah perubahan total terjadi mengingat regulasi motoGP yang tadinya 2Tak menjadi 4Tak 990cc… Yang paling mencolok adalah gambar sayap yang menghiasi tanki dan velg yang dilabur hitam.
RCV 2003 Valentino Rossi, Warna biru yang tadinya lebih mendominasi bagian fairing dan buritan kini diubah menjadi warna hitam dan hilangnya sticker di knalpot, namun velg kembali ke warna aslanya yaitu orange
RCV 2004 Alex Baros. Desain knalpot berubah total
RCV 2005 Max Biaggi. Kelahiran PS2 mulai merambah dunia motoGP sehingga menjadi sponsor yang terlihat di fairing depan.
RCV 2006 Nicky Hayden. Persis dengan edisi sebelumnya
RCV 2007 Nicky Hayden Tak hanya bagian luar yakni fairing dan buritan serta spatbord kolong yang seirama dengan warna RCV, tapi mesinpun berubah dari 990cc dipangkas menjadi 800cc
RCV 2008 Dani Pedrosa. Desain motor berubah total hanya grafis yang masih sama dengan edisi 2007 dan bergantinya penggunaan ban dari Michellin ke Bridgeston, ini terlihat pada sticker Bridgeston di beberapa bagian.
RCV 2009 Dani Pedrosa. Masih persis dengan edisi 2008, hanya sticker bridgeston kini berpindah ke swingarm.
RCV 2010 Dani Pedrosa. Sepertinya sama padahal jika kita perhatikan perubahannya cukup banyak, yakni pada velg, fairing, knalpot, cakram dan bahkan frame dan swingarmnya.
RCV 2011 Casey Stoner. Inilah yang patut dibanggakan Indonesia, sebab AHM sudah mampu menjadi sponsor MotoGP dan terlihat jelas OneHeart atau SatuHati menghiasi RCV. Pada edisi ini spatbord kolong berbalut warna hitam, selain itu desain knalpot juga berubah.
RCV 2012 Casey Stoner. Masih persis dengan edisi sebelumnya hanya saptbord yang kini berbalut warna senada yakni orange putih merah. Regulasi mesin menjadi 1000cc
RCV 2013 Marc Marquez. Perubahan total pada desain motor kembali terjadi, ketika tulisan repsol yang pada mulanya tarikan menurun kini diagonal menanjak. Juga warna putih yang makin mendominasi. Lambang sayap kini berpindah dari tanki ke body belakang…
Demikian analisis desain versi visual yang bisa saya hadirkan untuk saat ini, Mohon dikoreksi.
Semoga berguna…
Salam dari Gunung
dulu itamnya banyak..sekarang diganti putih….padahal garang item loh
Hooh favorit sayah itu nu 2002
Iya hitam lebih sangar
========
WK Trail 125, Motor Dual Sport Keren Buatan Taiwan http://klxadventure.com/2014/12/09/wk-trail-125-motor-dual-sport-keren-buatan-taiwan/
bagus yang 98
ijin share sob
http://orongorong.com/2014/12/09/honda-beat-fi-launching-minggu-depan-ada-2-model/
Saya suka yang 2002
beli om
😦 ora ono.. duite oraaaa mongstor ora
bikin sket aja lalu templokin di motor
Gak ngebosenin nih livery repsol
Ada Yang Mati di Kontes Arwana 2014 WTC Mangga Dua – http://wp.me/p3RQvE-392
Justru krna livery yg tetap jd melegenda. Coba yamaha pake fiat trs, juosss deh
Sangarr
Mantap ya om. Juos 2002
2014 mana?
2014 motor ama pnunggangnya masih sama bro.
tahun 2000 pnya alex criville bro….mich doohan dah pensiun akibat kecelakaan…..
pke no 1 krn tahun sebelumny(1999)dia juara….
alex cm semusim pake no 1…krn d tahun 2000 yg juara dunia kenny robert jr dgn Suzuki
Wah nuhun mas bro.. Untung dikasi tau soale aneh kok motornya no1, ya sy anggp aja punya mike doohan..
Bentuknya makin rapi ya..
makin beraturan tp lebih sangar yg jadul IMHO
knp yg taun 2007 buntutnya pendek sendiri? kaya mv agusta dragster, hehe..
itu desain awal waktu RCV jd 800cc
[…] Liveri Repsol sepanjang waktu beserta analisa grafisnya […]
[…] Menyisir desain Repsol Honda dari masa ke masa […]
[…] Repsol Honda dari masa ke masa […]
[…] Repsol Honda dari masa ke masa […]
[…] Menyisir tiap sudut semua Repsol Honda sepanjang masa […]
[…] Repsol Honda dari masa ke masa […]
[…] digandrungi dan kemudian diresmikan. Perjalanannya mirip dengan legenda livery Repsol. (Baca lagi desain repsol dari masa ke masa) Seiring berjalannya waktu tim Repsol Honda makin menguasai ajang MotoGP. Sehingga generasi saat […]